Copot Ketua Pemuda LIRA Ambon Hoaks

Ambon, Liputan Maluku, — Terkait kabar adanya pencopotan terhadap ketua Pemuda LIRA Kota Ambon Salim Rumakefing sebagai kabar hoaks setelah sempat viral di media sosial.

“Yang berhak memecat adalah DPP bukan DPW, mereka tak punya kewenangan,”kata Salim, saat ditemui Selasa, (7/9) malam.

Salim bilang sudah melakukan komunikasi dengan Ketua Umum Adam Irhan dan Sekretaris Jenderal Irwan Afyanto. DPP menyarankan untuk fokus mengurus percepatan pelantikan pengurus Pemuda LIRA Ambon periode 2021-2024 pada 28 Oktober 2021.

“Sementara lagi fokus untuk mempersiapkan pelantikan LIRA Ambon yang insyallah beberapa bulan kedepan pelantikan dihelat dikota Manise,”tuturnya.

Untuk itu, Salim menyarankan Pemuda LIRA Maluku untuk memfokus percepatan pelantikan di tingkat provinsi bukan sibuk mencari keselahan orang lain di kala LIRA mulai mengemuka di Ambon, Maluku

Salim juga menilai opini yang sengaja dimainkan untuk mengulingkan namanya oleh sekelompok orang di tubuh organiasi LIRA Maluku merupakan opini yang menyesatkan. Mereka sambung kata dia, tak menyadari bahwa minim kemampuan selama mengelola organisasi sehingga tak mampu membesarkan pemuda LIRA di Maluku.

Untuk itu, Salim menegaskan Surat Keputusan (SK) terkait pemecatan itu berhak diputuskan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) bukan DPW Pemuda LIRA Maluku.

“Jadi saya tegaskan isu pemecatan itu sepihak dari pemuda wilayah Maluku itu kabar bohong,”ujarnya,

“SK saya dari DPP, bukan DPW, jadi tolong anda pahami,”tambahnya.

Hingga saat ini, kata Salim SK pemecatan dari DPP belum juga turun. Artinya, sambung kata dia bahwa DPP tak merespons sikap DPW yang sempat mengusulkan pencopotan ketua Pemuda LIRA Ambon.

DPP, kata Salim meminta pengurus wilayah segera melakukan klarifikasi terkait pencopotan ketua LIRA Ambon yang sempat viral di media sosial.

“Kalau ada informasi terkait penunjukan sekretaris sebagai ketua LIRA Ambon itu tidak benar,”tegasnya.

Atas dasar itu, tokoh muda asal Pulau Wakate Seram Bagian Timur mengimbau kepada pemuda Maluku untuk tidak termakan berita hoaks terkait pencopotan dirinya sebagai ketua Pemuda LIRA Ambon yang disampaikan pemuda LIRA Maluku.

“Mereka tak punya kewenangan, yang punya kewenangan DPP, karena SK dari DPP,”imbuh dia.

Kepada Liputan Maluku Salim mengaku kaget setelah mendengar aksi pencopotan dirinya viral di media sosial. Salim mengaku tak mengetahui alasan pencopotan tersebut namun sehari sesudah isu pencopotan di media sosial pengurus DPW Pemuda LIRA Maluku sempat mengundang yang bersangkutan.

“Mereka mengirim pesan pendek mengundang rapat namun sempat menolak lantaran undangan tak resmi, agenda rapat juga tak jelas,”ucapnya.

“Makanya tak hadir, tak tau itu rapat apa, karena tak ada surat pemberitahuan, rapat itu cacat adimitrasi,”tambahnya menjelaskan.

Sebagai kader yang loyal terhadap organiasi Salim menghormati keputusan DPP sebagai lembaga tertinggi pengambilan keputusan namun Salim menjamin LIRA Ambon tak akan bakal maju setelah dirinya dilengserkan.

“Saya tau DPW punya konsolidasi organiasi, LIRA maju di Maluku karena saya,”ujarnya.

Sebagai Informasi, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) sempat punya nama di Maluku. Nama LIRA sempat mengemuka setelah beberapa program prioritas digaungkan di tengah Covid-19 dan mendapat dukungan Pemkot Ambon dan DPRD Kota Ambon.

Sekretaris Kota Ambon Antoni Gustav Latuheru dan Anggota DPRD Kota Ambon Saidna Bintahir sempat mengapreasi dialog publik covid-19 yang digagas LIRA Ambon sebagai solusi tepat di tengah PPKM Level 3 diberlakukan di Ambon, Maluku.

Salim Rumakefing mengklaim Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) sempat punya nama di Maluku berkat komunikasi dan jaringan dengan pemerintah daerah yang terbangun baik.

“LIRA terkenal di Maluku itu karena saya, bukan siapa-siapa, karena setiap kegiatan dan silaturahmi selalu di publikasi,”ungkapnya.

Ia bilang pemuda dan masyarakat di Kota Ambon sudah mengatahui bahwa yang membesarkan LIRA di Maluku adalah Salim Rumakefing.

“Kalau saya dipecat maka saya pastikan LIRA tak akan berkembang di Kota Ambon,”tegasnya.

“Saya tau DPW punya kemampuan konsiladasi pemuda di Kota Ambon, yang punya kemampuan saya, saya yang bisa besarkan pemuda LIRA Ambon,” pungkasnya (MG-01)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*