Pemuda Maluku Sesalkan Karteker KNPI Saiful Cs Bela Istri Gubernur Berjoget Tak Pakai Masker

Ambon, Liputan Maluku, — Sejumlah pemuda Maluku menyesalkan aksi bela istri Gubernur Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail yang berjoget di tengah kerumunan tanpa masker oleh KNPI Maluku pimpinan Syaiful Chaniago Cs.

Salah satu pemuda Maluku Mario Kakisina menyayangkan KNPI Maluku dibawah Saiful Chaniago Cs yang gembar-gembor memasang badan untuk membela sang istri Gubernur Widya Pratiwi Murad Ismail.

Kata Mario, Saiful dengan lantang meminta aparat kepolisian segera melakukan pemeriksaan terhadap pelaku penyebar video sang istri Gubernur yang berjoget tanpa masker viral di media sosial.

Padahal, kata Mario Widya Pratiwi benar-benar mengabai protokol kesehatan (prokes) di tengah virus corona masih mewabah di Maluku.

“Sebenarnya KNPI Maluku harus hadir memberikan pencerahan dan mengingatkan pemerintah yang abai prokes, bukan sebaliknya membela dan meminta polisi usut penyebar video,”tuturnya, melalui pernyataan resmi, Senin, (12/7).

Atas dasar itu, mahasiswa Universitas Pattimura ini meminta kepada Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama segera mencopot Saiful Chaniago dari ketua Karteker KNPI Maluku.

Saiful Chaniago, kata dia dinilai tidak netral pasalnya membawa nama KNPI untuk kepentingan kelompok tertentu. Ia menyarankan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maluku dibawa kepemimpinan Saiful Chaniago Cs untuk membenah diri dan tak mencerminkan sikap kepemudaan yang terkesan keberpihakan.

Karena, kata dia tindakan melanggar protokol kesehatan (Prokes) yang di praktikkan Widya Pratiwi tak mencerminkan sosok perempuan atau seorang istri Gubernur Maluku yang teladan.

Ia bilang Widya tak mendukung program pemerintah pusat yang tengah sibuk siang dan malam menggalakkan prokes untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Kekesalan juga memuncak saat seorang pemuda Maluku Said Moksen Almahdali ikut mengkritisi kelakuan Karteker KNPI Maluku Saiful Chaniago. Ia bilang sejatinya KNPI adalah mitra kritis pemerintah.

Lebih lanjut, generasi muda yang kritis dan bijaksana itu termasuk kasus viral joget tanpa masker yang sempat ramai dibincangkan dijagat raya.

“Jangan karena ada kepentingan kelompok lalu membela dan menggadaikan idialisme sebagai pemuda. Karna sejatinya pemuda sebagai lokomotif perubahan harus objektif arif melihat persoalan publik agar tidak terkesan buruk terhadap masyarakat Maluku,”ucap dia.

Menurutnya KNPI adalah tempat berkumpul dan berhimpun berbagai organisasi kepemudaan sehingga KNPI seharusnya berdiri di atas kepentingan pemuda dan masyarakat termasuk video viral tak pakai masker bukan membela orang yang melanggar prokes.

“Saya sebagain pemuda Maluku sangat kesal dan kecewa atas sikap ketua karteker KNPI Maluku Saiful Chaniago terhadap tindakan yang di ambel dan mengantasnamakan pemuda KNPI hingga melaporkan orang yang menyebar luaskan video yang sudah tentunya bersalah melanggar prokes,”tuturnya, Senin, (12/7) petang.

“Semoga karteker KNPI Maluku saiful Chaniago dan kawan kawan tidak kehilangan ruh perjuangan pemuda dan KNPI harus menjadi agen off control pemerintah dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh setiap orang yang melanggar prokes,”tambah dia.

Sebelumnya, Karteker KNPI Saiful Chaniago Cs menggelar konferensi pers membela sang istri Gubernur Maluku Widya Pratiwi yang berjoget tanpa masker viral di media sosial.

Konferensi pers itu digelar di sebuah hotel di Kota Ambon pada Sabtu malam. Ketua Karteker KNPI Saiful Chaniago menuturkan video yang sempat viral itu merupakan tindakan orang-orang yang tidak etis.

Menurut Saiful video tertanggal 22 Juni 2021 itu baru diviralkan pada 9 Juli 2021 oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang diduga bermotif politik bersifat menghasut.

Untuk itu, KNPI meminta polisi segera bertindak tegas dan melakukan pemeriksaan terhadap akun facebook yang memviralkan video joget istri Gubernur tanpa masker.

Pada kesempatan tersebut, Saiful mengapresiasu kinerja ketua penggerak PPK itu yang sudah memberikan kontribusi nyata terhadap kepentingan dan kesejahteraan terutama masalah gizi buruk anak di Maluku.

Praktik Gizi buruk, kata Saiful yang digalakkan Widya merupakan pekerjaan mulia karena menyentuh masyarakat yang terdampak di tanah pusaka Maluku.

Oleh sebab itu, Saiful meminta masyarakat sepetutnya memberikan apresiasi kepada tokoh stanting Maluku tersebut.

“Jangan cuma gara-gara joget yang tidak etis yang disebar luaskan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, kita melupakan kinerja Widya yang telah memberikan kontribusi besar terhadap kepentingan masyarakat di Maluku,”ucap dia.

Istri Gubernur Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail meminta maaf dan mengakui tak mematuhi protokol kesehatan (prokes) usai video dirinya yang tengah berjoget tanpa masker viral di media sosial.

“Terkait video yang beredar luas, melalui kesempatan ini saya ingin menyampaikan permintaan maaf karena bagaimana pun sudah menampakkan saya dalam posisi sedang tidak mematuhi prokes,”kata Widya dalam keterangannya, dikutip dari akun facebook resmi miliknya Widya MI, Senin, (12/7). (MG-01)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*