Sekda Maluku Terpapar Virus Corona 

Ambon, Lioutan Maluku, — Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Kasrul Selang dilaporkan positif terpapar virus corona (Covid-19) pada Kamis, (1/7).

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Pemprov Maluku Adonia Rerung yang dikonfirmasi membenarkan bahwa sekda Maluku terpapar dan sedang dirawat di RSUD Haulussy Ambon.

“Betul, pak sekda positif, tetapi dalam kondisi stabil, beliau istrahat biar cepat pulih,”tutur, Rerung saat dihubungi, Jumat, (2/6).

Rerung bilang, Sekda Maluku terpapar virus karena diberikan beban pekerjaan menumpuk mengurus pandemi covid-19 di Maluku membuat daya tahan tubuhnya menurun.

“Jadi dianjurkan untuk istirahan dan beliau sedang ditangani oleh dr Rita di RSUD Ambon,”ucap Rerung.

Awalnya, kata Rerung Sekda terpapar virus corona setelah menghadiri acara pelepasan 25 tenaga dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura di gedung Dinas Kesehatan Maluku pada Rabu (30/6).

Setelah melepaskan tenaga dokter, lanjut kata Rerung Sekda merasakan kondisi badan mulai terganggu. Ia lalu meminta untuk tes antigen namun hasilnya positif. Sekda kemudian disarankan menjalani tes swab lanjutan untuk memastikan kondisi tubuhnya terbabebas dari virus corona namun setelah hasil usab keluar positif corona.

Setelah dinyatakan positi, dinas kesehatan Maluku bakal melakukan triking terhadap siapa-siapa saja yang melakukan kontak erat dengan sekda namun sejauh ini belum mendapatkan informasi dari dinas kesehatan kapan mulainya melakukan penulusuran.

“Tetap melakukan penulusuran terhapap siapa – siapa saja yang pasti akan dilakukan oleh dinas kesehatan, hanya saja saya belum tau yang sudah turung bergerak rapid tetapi sudah positif pasti akan di preting,”imbuh dia.

Untuk diketahui, berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Ambon merangkum jumlah kasus ccovid-19 per Kamis kemarin terjadi penambahan untuk suspek atau positif sebanyak 519 jiwa, terkonfirmasi positif 511 jiwa. Sementara untuk jumlah keseluruhan untuk kasus konfirmasi positif 5618 jiwa, 511 orang dirawat, 5017 sembuh dan 90 orang dinyatakan meninggal duani.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemkot Ambon Joy Adrianzs mengatakan saat ini Ambon dalam kondisi tidak baik setelah angka kematian terus bertambah dan kasus pasien covid menggunung. Ia juga meminta warga menaati prokes dengan memakai masker dobel untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) varian delta pasca kematian sang bocah 11 tahun di RSUP Leimena Ambon, Minggu kemarin. (MG-01)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*